Jumat, 24 Maret 2023

MENGAJAK ANAK BERPUASA

 


Bismillahirrohmaanirrohiim

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan seru sekalian alam. Alhamdulillah hari ini kita sudah memasuki hari ke-3 puasa di bulan Ramadhan. Rutinitas puasa seperti sahur, berbuka, tarawih, tadarrus, dhuha, dan lain sebagainya tetap bisa kita laksanakan. Seperti sahur hari ini, si bontot dengan semangat ikut dan lahap sekali makannya. Bersama kakak-kakaknya dia mengatakan untuk ikut berpuasa esok hari. Kami semua mengiyakan saja agar dia merasa dipercaya.

Sebenarnya bagaimana cara dan tips kita sebagai orangtua mengajak anak-anak yang masih kecil untuk bisa berpuasa? berikut saya ulas berdasarkan dari sumber bacaan karangan Muhammad Abduh Tuasikal.

💕Cara mengajak anak berpuasa

1. Menjelaskan keutamaan berpuasa kepada mereka, bahwa hal itu merupakan sebab orang masuk ke dalam surga. Di surga ada pintu yang bernama Ar-Rayyan dimana hanya orang-orang berpuasa yang masuk ke dalamnya.

2. Membiasakan sebelumnya untuk berpuasa seperti puasa beberapa hari di bulan Syakban agar tidak kaget puasa di bulan Ramadhan.

3. Puasa pada sebagian siang, dan menambahi waktunya sedikit demi sedikit (seperti sebagian kalangan menyebutnya dengan puasa 'bedug')

4. Mengakhirkan sahur sampai diakhir malam. Hal itu membantu puasa mereka di siang hari.

5. Menyemangati mereka berpuasa dengan memberi mereka hadiah  di setiap hari atau setiap pekan.

6. Ajak anak ikut menyiapkan menu berbuka untuk memberinya semangat dan motivasi dalam berpuasa.

7. Menyanjung mereka di depan keluarga sewaktu berbuka atau ketika sahur. Hal itu dapat menaikkan semangat spiritualnya.

8. Mendorong semangat berlomba-lomba apabila mempunyai banyak anak tanpa harus mencela yang tertinggal.

9. Melalaikan rasa lapar dengan tidur atau dengan mainan mubah yang tidak membutuhkan tenaga. Sebagaimana sahabat yang mulia melakukan dengan anak-anaknya. Disana ada program anak-anak yang tepat.

10. Diutamakan kepada sang ayah untuk mengajak anaknya (khusus shalat ashar) ke mesjid untuk ikut shalat, menghadiri pengajian, tetap di mesjid untuk membaca Al-qur'an dan dzikir kepada Allah SWT.

11.  Mengkhususkan berkunjung pada siang hari dan malam hari ke keluarga yang anak-anaknya berpuasa untuk memberi semangat kepada mereka terus melakukan puasa.

Perlu diperhatikan kalau sekiranya anak-anak merasakan keletihan yang sangat, jangan dipaksa untuk menyempurnakan puasanya. Hal itu agar tidak menjadikan dirinya benci beribadah atau menjadi sebab berbohong atau timbulnya penyakit.  Karena pada dasarnya, anak belum termasuk mukallaf (terkena beban kewajiban). Hendaknya masalah ini  diperhatikan, jangan terlalu keras dalam memerintahkan anak berpuasa.


💕 Tips penting untuk orangtua mengajak anaknya berpuasa

1. Jangan memaksa

2. Lakukan secara bertahap 

3. Berikan pujian

4. Jadilah contoh yang baik

5. Lakukanlah hal yang sama pada Ramadhan berikutnya

6. Diskusi dengan orangtua lain terkait melatih anak berpuasa 


Demikian  ulasan yang bisa saya bagi untuk hari ini, semoga bermanfaat bagi semua pembaca. Untuk lebih mempertebal keimanan kita kepada Allah dan menguatkan kecintaan kita kepada Rasulullah, marilah kita saksikan dan dengarkan bersama sholawat merdu berikut ini💖💖



 

# SALAM LITERASI

# MENULIS TANPA BATAS 

 

 

2 komentar:

MENULIS LAGI YUUK!! EDISI GABUT😃

  Tiba - tiba teringat beliau🫠🫠 how are you sir?? I hope you fine and succesfull in your carrier🥰🥰