Kamis, 23 Maret 2023

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN


  Bismillahirrohmanirrohim

Alhamdulillah hari ini kita sudah memasuki hari ke 2 puasa di bulan Ramadhan. Segala bentuk  amaliyah kita upayakan agar puasa yang kita jalani bernilai ibadah. Seperti hari ini saya kedatangan petugas dari LAZ DASI NTB ( Lembaga Amil Zakat Dompet Amal Ibnu Abbas Nusa Tenggara Barat). LAZ DASI NTB adalah lembaga zakat resmi di wilayah NTB yang memulai kiprahnya pada tahun 2002 untuk membantu pemerintah menanggulangi masalah sosial dan kesejahteraan di NTB.



Berbagai program dalam banyak bidang seperti pendidikan, kesehatan, dakwah, ekonomi dan sosial budaya telah dilakukan oleh lembaga ini. Saat ini LAZ DASI NTB telah memiliki 8 armada ambulance, 1 mobil zakat, 2 rumah sehat, 2 rumah tahfidz, 1 rumah cerdas mandiri, 10 bale baca, 1 graha peduli, 1 rumah singgah, 2 armada truk tangki air, komunitas BLK, dan SMK Enterpreneur. Semua pencapaian dari LAS DASI NTB tidak lepas dari donatur yang ikut serta membantu. Setiap rumah tangga di bekali dengan satu celengan untuk sedekah harian yang bisa ditukar secara berkala dan akan dibawakan yang baru oleh petugas saat sudah penuh. Ini adalah satu amaliyah yang bisa kita lakukan saat bulan Ramadhan.

Amaliyah yang lain adalah membaca buku agama dan buku -buku lain yang bermanfaat. Saat ini saya berkesempatan membaca e-book tentang Panduan Ramadhan yang di tulis oleh Muhammad Abduh Tuasikal. Salah satu bab yang dibahas adalah keutamaan bulan Ramadhan. Adapun keutamaannya yaitu :

1. Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an 

Allah SWT berfirman :

Artinya :. 
Beberapa hari yang ditentukan itu adalah bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa   diantara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bualan itu ( QS. Al Baqarah : 185 ).


2. setan-setan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-pintu syurga dibuka ketika Ramadhan tiba.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Rasulullah SAW bersabda : 


Artinya :
Apabila Ramadhan tiba, pintu syurga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setanpun dibelenggu.


3. Terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan

Allah SWT berfirman :


artinya : sesungguhnya kami telah menurunkan (Al-Qur'an) pada malam lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? malam kemuliaan itu lebih baik dar seribu bulan ( QS. Al Qadar : 1-3 ).

Allah SWT juga berfirman :

Artinya : 

sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan ( QS. Ad Dukhan : 3 ).


4. Bulan Ramadhan adalah salah satu waktu dikabulkannya do'a

Dari Jabir bin 'Abdillah, Rasulullah SAW ersabda :

artinya : sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do'a pasti dikabulkan.


Demikian ilmu yang dapat saya bagi pada hari kedua  bulan puasa ini. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca. 

Beli rimpang di pasar raya
Kunyit dan jahe isi bungkusannya
Mari kita sambut bulan puasa
Meraih ridho ilahi perbanyak pahala





# SALAM LITERASI
# MENULIS TANPA BATAS







4 komentar:

MENULIS LAGI YUUK!! EDISI GABUT😃

  Tiba - tiba teringat beliau🫠🫠 how are you sir?? I hope you fine and succesfull in your carrier🥰🥰