Senin, 30 Januari 2023

JURUS JITU MENULIS CERITA FIKSI

 


Judul                                 : Jurus Jitu Menulis Cerita Fiksi

Pertemuan ke-10

Tanggal                             : 30 januari 2023

Tema                                 : Kiat Menulis Cerita Fiksi

Narasumber                      : Sudomo, S.Pt.

Moderator                         : Bambang Purwanto, S.Kom. Gr


Bismillahirrohmanirrohiim

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan nikma sehat dan kesempatan sehingga kita dapat berjumpa kembali dalam kegiatan KBMN 28 pertemuan ke-10. 

Malam ini tema yang diangkat adalah "Kiat Menulis Cerita Fiksi". Sebagai pemandu acara atau moderatornya yaitu Bambang Purwanto, S.Kom.Gr atau biasa di sapa Mr. Bams dan sebagai narasumbernya yaitu Sudomo, S.Pt. atau akrab disapa mazmo.

Diawal pertemuan malam ini, moderator membuka acara dengan sangat apik dan menarik. Beliau menyapa peserta dengan ucapan :

Assalamualaikum w.w.

Salam sejahtera untuk kita semua. Salam Literasi

Puji dan syukur semoga selalu dipanjatkan kepada Allah SWT, Tuhan YME. 

Bapak Ibu guru yang hebat di nusantara, malam ini akan menjadi malam yang luar biasa dengan materi yang mengasikan.

Sebelum dimulai pastikan gawai dalam gemgam, atau laptop di depan mata. Sapa kiri kanan yang ada disekitar. Sisipkan senyum manis untuk orang terdekat. Air minum bisa menjadi sahabat selama 2 jam ke depan.

Demikian rangkaian kalimat pembuka yang disampaikan oleh Mr. Bams sampai akhirnya beliau mempersilahkan narasumber yaitu Mazmo untuk memulai materi.

Mazmo memulai materi dengan menampilan sebuah tulisan dengan tajuk "Jangan Mengenalku, nanti kecewa !" tulisan ini dapat dinikmati di kompassiana dengan link    https://s.id/ProfilSudomoSPt. Dalam tulisan itu kita bisa menemukan profil dari Mazmo yang di kisahkan dengan cara yang indah menggunakan rangkaian kata-kata fiksi yang sarat akan makna.


Berikut sekilas profil Mazmo yang tertulis di kompassiana. Beliau menuliskan profilnya dengan bahasa yang sangat menggoda. Berikut kutipannya !

Jangan mengenalku, nanti kecewa!

Itu kata pertama yang sering aku ucapkan ketika berkenalan dengan seseorang. Bukannya apa-apa. Aku hanya tidak ingin seseorang itu menaruh harapan terlalu tinggi hingga ingin mengenalku. Rasanya tidak perlu lebih jauh mengenali aku juga. Cukup kenali aku lewat nama dan karya. Sebab aku yakin keduanya akan bertahan jauh lebih lama dibanding usia. 

 Belum menyerah juga?

Baiklah. Kali ini sebaiknya aku yang menyerah saja. Akan kutuliskan untukmu berbaris-baris kata. Mungkin akan memberikan sedikit makna bagi yang sesuai selera bacanya. Bisa jadi tidak berarti apa-apa jika kau memang bukan salah satunya. Tidak akan menemukan pembelajaran apa pun juga bagimu yang menganggap tulisan ini tidak ada. Bebas saja. Tidak ada yang memaksamu untuk menemukan makna. Itu hanya harapanku saja. Selebihnya, kembali kepada selera pembaca. 

Beberapa kutipan lain yang bisa kita ambil dari cerita Mazmo ditulisannya yaitu prestasi yang telah beliau torehkan selama menjadi penulis, diantaranya :

  1. Menjadi pemenang lomba menulis bahan bacaan literasi tahun 2016 dan 2019 tingkat provinsi NTB
  2. Menjadi juara lomba menulis di blog versi indihome tahun 2021
  3. Menjadi juara favorit menulis di satuguru.id  
  4. Menjadi pemenang video inovatif Implementasi Kurikulum Merdeka tingkat provinsi NTB tahun 2022
Dari sekian banyak karya beliau,ada beberapa kaya berupa buku cetak dan digital yang berhasil beliau telurkan, diantaranya :
  1. Buku perdana yang terbit secara mayor pada tahun 2017. Buku yang diterbitkan penerbit Media kita itu berjudul 'Di Penghujung Pelukan'. 
  2. Tahun 2018 buku solo pertama terbit secara mayor. Buku berjudul 'Pahlawan Antikorupsi: Sudah Adil, Kok!' diterbitkan melalui penerbit anak perusahaan Gramedia, yaitu Funtastic M&C.
  3. Cerita anak pun menjadi pilihan utama. Hingga awal tahun 2023, novel anak berhasil diterbitkan secara digital di penerbit ANDI Yogyakarta. Buku berjudul 'Bermain Sambil Belajar: Tim Pencari Pesawat Sederhana' itu bisa didapatkan dalam bentuk digital di PlayStore. 

Demikian sekilas info tentang fropil dari Masmo yang sangat menginspirasi dan menggugah jiwa untuk mengikuti jejaknya.
Selanjutnya pemaparan materi di mulai oleh Narasumber. Masmo sebagai narasumber mengawali sapaannnya dengan berkata, Bapak/Ibu Guru Hebat... Pada kesempatan malam ini kita akan sama-sama belajar menulis dengan topik sesuai yang sudah disampaikan oleh Mr. Bams, yaitu Kiat Menulis Cerita Fiksi. Malam ini saya akan berbagi dengan menggunakan alur MERDEKA, yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, dan Aksi Nyata. 

1 | Mulai dari Diri. Pada alur ini, narasumber ingin semua peserta bisa berbagi tentang pengalamannya dalam menulis cerita fiksi. Peserta bisa mengirimkan cerita singkat terkait pengalaman. Bisa pengalaman mengalami kendala memulai menulis cerita fiksi. Bisa juga tantangan yang dihadapi saat menulis cerita fiksi. Bisa juga mungkin pengalaman telah menerbitkan buku fiksi. 
 
Serasa mendapatkan perintah dari atasan, semua peserta segera menanggapi dngan secepat kilat. Tidak lama berselang berbagai cerita seputar pengalaman peserta dalam menulis fiksipun bertebaran di chat. Beberapa diantaranya yaitu :
  • Menulis cerita fiksi, tak terlintas sedikitpun dibenak saya. Kalau membaca cerita fiksi, itu saya suka. Jaman saya usia SMP, uang jajan lebih sering saya gunakan untuk menyewa novel daripada jajan makanan. Tetapi untuk membuat sendiri cerita fiksi.. hhmm.. tidak pernah terpikirkan sebelumnya.
  • Baik pak. saya Imro'atus Sholihah, asal Jombang Jatim. dalam menulis fiksi saya belum mempunyai pengalaman sama sekali. tapi saya sangat ingin bisa menulis fiksi pak dan disini saya masih bingung ide seperti apa yang bagus dalam menulis fiksi. dan masih bingung juga bagaimana cara membuat fiksi yang baik.
  • Saya suka baca cerita fiksi, tetapi saya seringnya menulis tentang kejadian nyata yang saya alami.  Lebih mudah mengalir tulisannya kalau saya menuliskan apa yang benar-benar terjadi
  • Menulis cerita fiksi sangatlah sulit bagi saya. Kesulitan mau memulai dari mana, trus alur ceritanya bagaimana. Karena susah berkhayal berimajinasi akhirnya keinginan menulis fiksi ini masih sekedar cita cita. Beberapa waktu yang lalu sempat tergabung dengan sahabat pena yang berkeinginan menulis buku Antologi fiksi bertemakan Ibu Hebat. Tapi sampai saat ini tulisan itu belum kunjung selesai juga. Bahkan baru dapat satu paragraf. Trus berhenti tidak menemukan ide lagi.
  • Saya sangat ingin bisa menulis cerita fiksi, karena membaca dongeng dan komik adalah hobiku sejak SD. Semua buku yang ada disekolah kulahap habis dan ada beberapa cerita yg masih menempel hingga saat ini. Namun selalu ada keraguan untuk mulai menulis, baik itu dalam pemilihan judul, tema dan aturan penulisannya. Sehingga sampai detik ini belum satu ceritapun yang berhasil kutulis.

  • Saya Afida dari Sampang,Saya pernah menulis di FB, cerita fiksi. Namun, saya rasa ceritanya kurang renyah. Di tengah-tengah penulisan ceritanya mbulet, alur maju mundur, campur sari🤭.Kejelasan watak tokoh bisa diragukan. Bahasa sepertinya kaku..Hmmmm,,,, belajar lebih giat lagi harus💪💪💪💪
  •  2 | Eksplorasi Konsep. Pada alur ini, peserta dipersilakan mempelajari secara mandiri materi yang telah disiapkan oleh narasumber dalam bentuk cerita pendek. Peserta bisa membaca dan membuat catatan/pertanyaan terkait materi yang ingin digali lebih dalam lagi. Materi dapat dibaca ditautan ini https://s.id/MateriSudomo .


    Dari tulisan beliau yang bertajuk "Aku Malas Belajar Menulis Fiksi", kita dapat mengambil beberapa point penting sekaligus sebagai tips untuk bisa menulis karangan fiksi, yaitu :

    1. Niat dan keinginan yang kuat
    2. Membaca karangan fiksi orang lain sebagai referensi
    3. Menuliskan cerita yang disukai dan dikuasai
    4. Membuat outline atau kerangka cerita
    5. Menulis ide yang ada
    6. Menyelesaikan tulisan yang sudah dimulai
    7. Melakukan swasunting
    Materi berlanjut. Mazmo memaparkan beberapa hal yaitu :

    1. fiksimini, yaitu fiksi singkat yang hanya terdiri dari beberapa kata saja. Berikut adalah contoh fiksimini yang terkenal For sale: baby shoes, never worn. Ernest Hemingway.
    2. flash fiction, yaitu cerita kilat dengan kekhususan jumlah kata. Biasanya mengandung plot twist.
    3. Premis adalah ringkasan cerita dalam satu kalimat. Contoh premis: Seorang anak yang berjuang melawan penyihir jahat demi kedamaian dunia. Itu adalah premis dari novel Harry Potter. Kekuatan premis adalah mampu menggambarkan novel yang tebal hanya dalam satu kalimat saja. Premis mengandung unsur, yaitu tokoh, tantangan, tujuan tokoh, dan resolusi.
    3 | Ruang Kolaborasi. Pada alur ini narasumber memberikan beberapa kalimat, semua peserta diminta untuk melanjutkan sendiri menjadi satu paragraf nanti di dalam resume. 

    Berikut ini adalah kalimat yang bisa peserta lanjutkan:

    Perlahan suara-suara itu menghilang. Dalam gulita aku menggigil sendirian. Mendadak bulu kudukku meremang. Terdengar suara di kejauhan. Semakin lama kian mendekat. Rasa ingin berlari semakin menguatkan hati tetapi ada sesuatu yang menghalangi keinginan itu. Aku bertahan dalam ketakutanku sembari menunggu apa yang akan terjadi setelah ini. Sejuta doa dan bacaan qur'an aku lantunkan dalam hati, aku berharap ini hanya sebuah mimpi buruk belaka. Suara seretan kaki itu semakin mendekat dan secara tiba-tiba telah berada tepat dihadapanku. Aku ingin berteriak tapi sepasang tangan kokoh dengan sigap menutup mulutku dan terdengar suara berbisik lirih di telinga sebelah kananku. Dia berkata "tenang sayang aku hanya ingin berkenalan saja". Seketika tubuhku tergulai lemas dan untuk beberapa waktu lamanya aku terdiam dalam pingsan.

    4 | Demonstrasi Kontekstual. Pada alur ini peserta dipersilahkan menuliskan 5 tema yang paling disukai dan dikuasai. 
    sayapun mencoba menuliskan 5 tema yang diminta :
    • percintaan
    • misteri
    • keluarga
    • persahabatan
    • komedi
    5 | Elaborasi Pemahaman. Pada alur ini peserta dipersilahkan mengirimkan pertanyaan terkait materi terutama menyangkut hal-hal yang ingin diperdalam lagi.


    Demikian resume yang dapat saya ulas pada pertemuan ke-10 malam ini. Semoga materi yang disampaikan Mazmo dapat saya pahami dan segera tergerak untuk mencoba membuat cerita fiksi. akhir kata, selalu terselip dalam doa untuk bisa mendapatkan predikat LULUS dalam kegiatan KBMN 28 ini dan harapan untuk menelurkan buku solo dapat terwujud. Aamiin.




    # SALAM LITERASI
    # MENULIS TANPA BATAS

    5 komentar:

    MENULIS LAGI YUUK!! EDISI GABUT😃

      Tiba - tiba teringat beliau🫠🫠 how are you sir?? I hope you fine and succesfull in your carrier🥰🥰