Senin, 27 Maret 2023

PASRAHKAN SEMUA KESULITA KITA KEPADA ALLAH

 


Bismillahirrohmaanirrohiim

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan seru sekalian alam. Alhamdulillah hari ini kita sudah memasuki hari ke-5 puasa di bulan Ramadhan. Hari ini adalah hari pertama masuk sekolah setelah libur awal puasa dan libur nasional selama empat hari. Sesuai dengan himbauan dari Dinas Dikbud Prov. NTB, pelaksanaan pembelajaran harus lebih banyak diisi dengan kegiatan keagamaan. Jadwal masuk di undur dan pulangnya di majukan. 


Hari ini pembelajaran diawali dengan kegiatan pembacaan surah Yaasin dan dilanjutkan dengan ceramah dari kepala sekolah bertemakan keutamaan bulan Ramadhan. kegiatan imtaq berlangsung selama satu jam. Sangat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan ini. Selain sebagai ajang penyampaian nasehat dan ilmu, pun sebagai tempat untuk memperkuat kekompakan antar warga sekolah. Lebih-lebih pada bulan Ramadhan, semua kebaikan diberikan ganjaran pahala yang berlipat ganda.



Hari kelima bualan puasa ini juga ajang uji kesabaran bagi semua warga SMAN 1 Batulayar. Pada malam ahad yang lalu, tepatnya tanggal 26 Maret 2023 sekitar pukul 19.00 Wita telah terjadi pencurian sarana dan prasarana sekolah. Beruntung pelakunya bisa tertangkap karena kesigapan masyarakat dan pihak yang berwajib. Siang tadi, orangtua dari pelaku mendatangi pihak sekolah untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil selanjutnya berkaitan dengan pelaku pencurian ini. Keberuntungan yang lain pelakunya bukanlah dari warga SMAN 1 Batulayar melainkan siwa dari sekolah lain. 

Ada perasaan miris di hati karena pelaku masih berstatus pelajar dan masih dibawah umur. Ada apa dengan mental generasi muda sekarang? begitu mudahnya mereka mengambil jalan pintas untuk mewujudkan keinginannya. JIka sudah menyangkut urusan anak, semua orangtua pasti akan sigap bertindak. Orangtua pelaku saat ini sedang mendapatkan ujian sekaligus teguran. Mungkin dalam keluarga ada yang salah, entah itu pola asuh ataupun komunikasi yang terhambat. Momen Ramadhan ini merupakan saat yang tepat untuk istrospeksi diri semua pihak.

Hidup merupakan ladang ujian. Setiap ujian pasti ada kesulitannya. Bagaimana agar kesulitan itu terasa ringan? Ustadz Adi Hidayt (UAH) menjelaskan dalam tausiahnya, bahwa :

1. Setiap masalah yang diberikan Allah adalah untuk meningkatkan kualitas hidup

2. Ingatlah bahwa ujian akan diberikan kepada orang yang mampu menghadapinya. "Yang tidak sanggup tidak akan dititipkan masalah"

3. Setiap ujian yang sulit selalu akan bersanding dengan solusi yang mudah.

Melansir dari bengkaliskab.go.id, di dalam islam ada beberapa cara mengatasi masalah dalam hidup, di antaranya sebagai berikut:

1. Wudhu

Jiwa kita akan menjadi tenang jika membiasakan diri mengambil wudhu sebelum melakukan pekerjaan. Kerja yang susah akan menjadi senang dan mudah diselesaikan. Selama ini kita mengetahui bahwa berwudhu berfungsi untuk mensucikan diri dari najis dan hadas.

Namun tahukah Anda, berwudhu juga bisa jadi penawar racun hati. Di saat sedih dan gelisah, kita dianjurkan untuk berwudhu sehingga dosa-dosa akan luntur dan jiwa lebih tenang. Sebab Allah SWT menyukai orang-orang yang mensucikan diri (berwudhu), sebagaimana firman-Nya:

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222).

2. Salat

Di dalam salat ada ketenangan jiwa dan ketentraman bagi pikiran, salat merupakan pintu dari pintu-pintu yang denganya bisa membantu untuk menghilangkan dan menutup penatnya dunia. Allah Ta’ala berfirman:

“Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu." (QS al-Baqarah: 45).

3. Membaca Al-Qur'an

Allah SWT berfirman yang artinya :

“Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat." (QS. Al-A’raaf:204).

Membaca Al-Qur'an salah satunya dapat membuat diri kita tenang. Hal ini karena di dalam Al-Qur'an terdapat berbagai petunjuk yang jika dipahami akan benar-benar mendapatkan kenikmatan dan kebahagiaan sebagai bentuk petunjuk.

4. Doa

Rasulallah Shalallahu alaihi wasallam telah mengajarkan kepada kita (umatnya) tatkala turun sebuah musibah atau terkena sebuah masalah, untuk menghilangkan kesedihan dan kegelisahan yang ada, beliau mengucapkan: “Wahai Dzat yang Maha Hidup lagi berdiri sendiri, dengan kasih sayang-Mu saya memohon pertolonganMu."

Doa ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan sebuah musibah baik sebelum turunnya bencana tersebut mau pun sesudah turunnya, hal itu sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis shahih dari Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam, beliau bersabda:

“Tidak ada yang mampu menolak takdir kecuali doa”. Shahihul jami’.

5. Tawakkal atau Berserah Diri Kepada Allah SWT

Allah SWT berfirman yang artinya:

“Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya." (QS. ath-Thalaaq: 3).

Dalam ayat ini sebagai dalil yang kuat tentang keutamaan tawakkal, di mana tawakal merupakan sebab terbesar untuk memperoleh maslahat dan menolak mara bahaya. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala mengatur segala urusan alam ini sesuai dengan yang Ia kehendaki, di tangan-Nya segela perkara dibolak-balikkan. Allah Ta’ala berfirman:

“Kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorang pun yang akan memberi syafa’at kecuali sesudah ada izin-Nya." (QS. Yunus: 3).

6. Sedekah

Dalam Al-Qur'an banyak ditemukan firman Allah yang memerintahkan kita untuk bersedekah dan membelajakan sebagian harta kita di jalan kebaikan. Namun, sayang kebanyakan kita tidak menghiraukan perintah tersebut. Kita khawatir kalau bersedekah akan mengurangi jumlah harta kita. Sifat kikir dan tamak mendorong kita untuk enggan membayar zakat, infak dan sedekah. Padahal, manfaat sedekah itu sebenarnya akan kembali kepada diri kita juga.


Demikian ulasan ilmu untuk hari kelima bualan puasa ini, semoga bermanfaat bagi semua pembaca.



# SALAM LITERASI

# MENULIS TANPA BATAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENULIS LAGI YUUK!! EDISI GABUT😃

  Tiba - tiba teringat beliau🫠🫠 how are you sir?? I hope you fine and succesfull in your carrier🥰🥰