Senin, 20 Februari 2023

MAMPUKAH SAYA MENULIS BUKU AJAR??


 Judul                        :Mampukah Saya Menulis Buku Ajar?

Pertemuan ke 19

Gelombang              : 28

Tanggal                    : 20 Februari 2023

Tema                        : Menulis Buku Ajar

Narasumber             : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.

Moderator                : Mutmainah


Bismillahirrohmaanirrohiim

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan seru sekalian alam. Malam ini tak terasa kita telah memasuki pertemuan ke 19 pada kegiatan KBMN gelombang 28. persiapan menuju closing ceremony pun mulai dilakukan oleh tim yang di gawangi pak Edmu berdasarkan pilihan dari  TSO. Semoga persiapan menuju penutupan kegiatan KBMN 28 berjalan dengan lancar dan sukses. 

Malam ini tema yang diusung adalah Menulis Buku Ajar. Pertemuan ini disampaikan oleh ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. sebagai narasumber dan didampingi oleh ibu Mutmainah sebagai moderator.

Sebelum materi kuliah dipaparkan, ada sedikit kata sambutan dari Omjay selaku Kepala sekolah dalam KBMN. Beliau menuliskan " Tak terasa kita sudah memasuki pertemuan ke-19. Semoga semakin banyak peserta yang sudah membuat resumenya dengan baik. Tidak asal-asalan atau asal jadi. Namun, tulisannya benar-benar hasil dari belajar menulis setiap hari. Sebab tiada cara lain untuk bisa menulis selain menulis secara langsung. Di saat membuat resume itu, teman-teman telah mengikat ilmu yang diterima dengan tulisan. IKATALAH ILMU DENGAN CARA MENULISKANNYA. Malam hari ini, kita mendapatkan narasumber yang luar biasa. Beliau juga sudah sekelas Ahmad Fuadi. Buku Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd telah mendapatkan penghargaan dari perpustakaan nasional sebagai buku terbaik. Penghargaan ini juga telah didapatkan Ahmad Fuadi, semoga buku ibu Dr. Mudafiatun juga menemukan takdir sebagai buku best seller sebagai buku non fiksi. Menulis buku Ajar seringkali tidak bisa dibuat oleh guru itu sendiri sebagai pengampu mata pelajaran. Padahal kalau guru tersebut membuat sendiri buku ajarnya, tentu akan jauh berbeda bila kita membuatnya sendiri dan tidak mengandalkan buku ajar buatan orang lain. Malam ini ibu Mudafiatun akan berbagai ilmu dan pengalamannya kepada kita semua. Jangan lupa untuk disimak dan bertanya kepada pakarnya. Anda mungkin akan terkejut ketika membuat buku ajar dan ternyata buku tersebut banyak digunakan oleh ribuan sekolah. Tentu saja royalty bukunya ikut bertambah dan jangan kaget akan ada uang ratusan juta masuk ke rekening anda. Ini hanya berbagi semangat saja, dan semoga bapak ibu bisa bertanya langsung kepada pakarnya".

Diawal pertemuan moderator membuka acara dengan ajakan berdoa dan menuliskan kalimat yang sangat indah. " Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari. Pramudya Ananta Toer.

Menulislah dengan tulisan jelek, karena tulisan yang bagus hanya bonus dari kebiasaan". asyiiik🤭🤭

Menulis merupakan tingkat literasi paling tinggi setelah mendengar, Berbicara dan membaca. Meskipun menulis tidak mudah namun harus tetap dilakukan sebagai bukti kita ikut memberikan sesuatu bagi peradaban. Tanpa meninggalkan tulisan manusia akan semakin mudah dilupakan.💪💪

Selanjutnya moderator mempersilahkan narasumber untuk memasuki kelas dan siap memaparkan materi. Sebelum kita mengulas lebih lanjut tentang materi yang disampaikan narasumber malam ini, mari sejenak kita intip profil singkat dari beliau.

 Dr. Mudafiatun Isriyah, M. Pd . Beliau adalah konselor dan penulis juga asesor BAN PAUD Jatim. Lulus cum laude prodi PAUD UNESA Surabaya dan melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar doktor Bimbingan dan Konseling. Beliau juga merupakan alumni BM 4 asuhannya Omjay. Dan peraih buku terbaik Perpusnas 2021 bersama prof Ekoji dalam tantangan menulis selama satu minggu. Beberapa buku karya beliau diantaranya :

  1. Peran Guru dan Orangtua Sebagai Pusat Sumber Belajar
  2. Trik Menulis Dikala Sibuk
  3. Interperonal dan Impersonal
  4. Dll
💗Pada pemaparan materinya, narasumber memberikan point-point penting yang akan dibahas malam ini, yaitu :

1. Bahan Ajar  VS  Buku Ajar
2. Pentingnya Bahan Ajar dalam pembelajaran
3. Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran
4. Cara Penulisan Buku Ajar
5. Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar

💗Yang pertama kita sebagai penulis buku adalah menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya komitmen. Bagaimana Bahan ajar vs buku ajar itu?
1. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis.
2. Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.
3. 👉Bahan Ajar Cetak
 • Buku Teks, 
•Buku Referensi, dan Monograf, 
   •Bahan Ajar Mandiri = Modul = BAJJ 
 •Panduan = Petunjuk = Pedoman,
 •Atlas = Peta
 •Diagram = Poster   
   •Brosur = Leaflet = Manual      
👉Bahan Ajar non-Cetak 
• Internet = Web Based Courses = e-learning
 • CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer
 • Slide
 • Video / TV
 • Audio / Radio

 💗Sedangkan Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar. Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001).

💗MENGAPA BUKU AJAR PENTING DALAM PEMBELAJARAN?

  1. Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa
  2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru
  3. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
  4. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
  5. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi
💗Selain itu apa KEUNTUNGAN BUKU AJAR BAGI GURU/DOSEN?
  1. Promosi & Kenaikan Pangkat
  2. Mendapatkan insentif 
  3. Finansial-Royalti
  4. Eksistensi diri
  5. Media Ekspresi
  6. Branding Personal dan Institusi
  7. Penguatan Keilmuan; dll. 

💗Bagaimana dengan BUKU AJAR  VS BUKU TEKS?

👉Buku Ajar pada umumnya: 

1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.

2. Menjelaskan tujuan pembelajaran. 

3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.

4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.

5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.

6. Selalu memberikan rangkuman. 

7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa

8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.

9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.

10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.

👉Buku Teks pada umumnya:

1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.

2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran. 

3. Disusun secara linier. 

4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).

5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.

6. Belum tentu ada rangkuman.

7. Materi buku teks sangat   

8. Dikemas untuk dijual secara umum.

9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai. 

10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.

💗CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR

1. PENATAAN INFORMASI (compilation text)

Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun

2. PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging)

Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS

3. MENULIS SENDIRI (starting from scratch)

Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu

4. Ada istilah: PROSEDUR KOMPILASI

Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPS. 

Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS. 

Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS. 

Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.

5. Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan . Kajian/BAB. 

6. Bahan-bahan yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk setiap Bahan Kajian kemudian dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk  dibagi kepada mahasiswa). 

7. Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa  untuk mendampingi bahan yang sudah dikompilasi tersebut.

💗PROSEDUR PENGEMASAN KEMBALI INFORMASI

Informasi yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM) Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:

👉Kemampuan/kompetensi yang akan dicapai. 

👉Petunjuk belajar bagi mahasiswa. 

👉Latihan. 

👉Ringkasan. 

👉Umpan balik. 

👉Evaluasi formatif


💗PERTIMBANGAN PENULISAN BUKU AJAR OLEH GURU/DOSEN (MENULIS SENDIRI) 

👉Guru merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu). 

👉Guru mempunyai kemampuan menulis. 

👉Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya. 

👉Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajaran


💗PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR

1. PRINSIP RELEVANSI

Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.

2. PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN

Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam

3. PRINSIP KECUKUPAN

Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.

💗SISTEMATIKA BUKU AJAR

  1. BAB 1 Pendahuluan
  2. Penyajian
  3. Penutup
  4. Daftar Pustaka
  5. Senarai (glossary)

1. Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata  
֍ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa 
֍ Identitas Mata Kuliah 
֍ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar 
֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa 
֍ Capaian Pembelajaran Mata kuliah
2. BAB I 
Kemampuan Akhir 
Indikator 
Pendahuluan, terdiri dari: 
֍ Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang 
     cakupan bab tersebut.  
֍ Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman 
     yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi 
     mahasiswa.
3. Penyajian:     
֍ Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis 
     materi) dan diikuti dengan contoh-contoh. 
֍ Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi. 
֍ Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelah 
      membaca uraian materi. 
֍ Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang 
     dibahas.
4. Penutup, terdiri dari:   
 ֍ Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan Kemampuan 
      Akhir. 
֍ Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci 
      jawaban tes). 
֍ Tindak lanjut.
5. DAFTAR PUSTAKA 
SENARAI, berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan. 
DAFTAR INDEX (jika diperlukan).

Diakhir pemaparan materinya narasumber menutup dengan sebuah pantun.
 
TERIMA KASIH
Tak lupa beli piring melamin
Sampai jumpa hadirin semuanya
Semoga bertemu di kesempatan lain
Bersama guru binaan bpk Wijaya kusuma

Beliau juga memberikan kalimat indah sebagai closing statement.

Guru merupakan sosok yg akan ditiru, guru sebagai model yg akan menjadi figur, daya pandang siswa tak terukur karena melihat sosok guru idaman. Torehan guru menjadi prasasti bagi siswa, maka lantas guru mau seenaknya tanpa harus menjawab kebutuhan siswa yang sesungguhnya?? sungguh tidak manusiawi jika seorang tidak merancang pembelajaran yang sesuai kebutuan siswa. Oleh karena itu marilah kita menjadi seorang guru yang memiliki komitmen untuk menghargai diri sendiri sebagai seorang yang sangat ditunggu siswa. jadilah guru yg kreatif, desainlah pembelajaran yang menarik, buatlah buku ini sebagai hasil karya guru yang di tunggu.

Demikian resume yang dapat saya ulas untuk pertemuan malam ini. Semoga bermanfaat untuk semua pembaca. Doa agar bisa lulus dan menelurkan buku solo merupakan prioritas. Aamiin. 





# SALAM LITERASI

# MENULIS TANPA BATAS

15 komentar:

  1. Wah ini mantep ibu, mudah mudahan bisa menginspirasi saya dan teman teman yang lain, semoga sukses, Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah pak...mari kencangkan ikat piggang menuju penutupan

      Hapus
  2. Balasan
    1. terimakasih supportnya bu iim...kita sama sama menyukai ijo kayaknya

      Hapus
  3. semua orang diberi kemampuan untuk menulis, termasuk buku ajar, hayukk gercepkan

    BalasHapus
  4. resume yg keren dan semoga bisa membuat buku ajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahagianya di berikan motivasi oleh sang guru🥰 semoga bisa Omjay🤲🤲

      Hapus

MENULIS LAGI YUUK!! EDISI GABUT😃

  Tiba - tiba teringat beliau🫠🫠 how are you sir?? I hope you fine and succesfull in your carrier🥰🥰