Rabu, 25 Januari 2023

CURHAT DI BLOG,, BOLEH JUGA




Judul                                 : Curhat di Blog, Boleh Juga

Pertemuan ke-8

Tanggal                            : 25 Januari 2023

Tema                                : Komitmen Menulis di Blog

Narasumber                      : Drs. Dedi Dwitama, M.Si.

Moderator                        : Sigid PN, SH.


Bismillahirrohmaanirrohiim

Puji syukur ke hadirat Allah atas nikmat sehat dan kesempatan yang diberikan kepada kita sehingga pada malam ini kita dapat mengikuti KBMN 28 pertemuan ke-8 dengan baik. Malam ini acara di pandu oleh bapak Sigid PN, SH dan Narasumber Bapak Drs. Dedi Dwitama, M.Si. Tema yang diangkat adalah "Komitmen Menulis di Blog".  Ini merupakan tema menarik dimana saya sebagai pemula dalam menggunakan blog sangat membutuhkan informasi bagaiman cara agar penggunaaan blog bisa maksimal dan hasilnya memuaskan.

Pertemuan pada malam ini berbeda dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya dimana malam ini kita bersua dalam zoom bukan melalui chat WA. Dengan melihat langsung narasumber dan peserta lain melalui layar zoom rasanya pertemuan malam ini menjadi lebih hidup dan bermakna.



Acara di awali dengan sambutan dari moderator yaitu pak Sigid dengan ajakan berdo’a bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Harapan dari moderator yaitu semua peserta tetap konsisten mengikuti kegiatan ini agar cita-cita menelurkan buku solo bisa terwujud. Selanjutnya moderator mempersilahkan narasumber untuk memberikan materi. 

Diawal penyampaian materinya, pak Dedi menantang peserta untuk menemukan siapa beliau di semua flatform digital. Peserta ada yang mencari di google, instagram, tik tok, blog, wordpress dan tempat-tempat digital lainnya. Tantangan ini merupakan perkenalan ala pak Dedi. 

Dedi Dwitama adalah seorang guru BK di SMKN 50 Jakarta. Beliau juga pernah menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMK Penerbangan Jakarta. Beliau adalah seorang guru yang serba bisa, bisa sebagai blogger, Trainer, Fotografer, penulis dan Motivator.

Alamat Rumah : Jl. E.1 No. 3 Cipinang Muara Raya
Jatinegara – Jakarta Timur 13420 Indonesia
Telepon : (62-21) 8509054 – HP: (62) 812 8534 836

 Pendidikan
• 2001 : Magister Sains Matematika Industri Jurusan Statistik – ITS Surabaya
• 1998 : Magister Manajeman SDM STIE IPWI Jakarta
• 1995 : Sarjana Pend. Matematika FP.MIPA IKIP Jakarta
• 1987 : Diploma III Pend. Matematika IKIP Jakarta
• 1983 : Jurusan IPA – SMA Negeri 35 Jakarta
• 1979 : SMP Negeri 19, Kebayoran Baru Jakarta
• 1976 : SD Mekarsari, Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Prestasi yang pernah diraih
• Nominator Blog Pendidikan terbaik Indonesia, Pesta Blogger Nasional, Jakarta, 2011
• Juara 3 Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, 2008
• Juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Jakarta Pusat, 2008
• Juara 2 e-Learning Award tingkat Naasional, Pustekkom Depdiknas RI, Oktober 2008
• Juara 3 Kompetisi blog “I Love Mobile Blogging”: XL dan Dagdigdug, FKI – JHCC Jakarta, Juni 2008
• Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, Jakarta 2004
• Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Jakarta Pusat, Jakarta 2004
• Juara 2 Guru Berprestasi tingkat Jakarta Pusat, Jakarta 2003
• Juara harapan 1 Pembacaan Pembukaan UUD 1945, Jakarta 1987
• Juara ke-2 Menyanyi Keroncong se DKI dan Jabar, Jakarta 1986
• Juara harapan 1 Lomba Baca Puisi se DKI Jakarta, Jakarta 1986
• Juara ke-3 Puitisasi Al Quran se-Jabotabek, Jakarta 1985
• Juara harapan 2 Paduan Suara tingkat SLTP se Jawa, Bandung 1978
• Juara ke-1 Deklamasi se DKI Jakarta, Jakarta 1976
• Juara ke-1 Menyanyi se kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta 1975
• Juara ke-2 Deklamasi se Jakarta Selatan, Jakarta 1974

Pertemuan malam ini adalah presentasi pak Dedi yang ke 1.204 sejak tahun 1990. mengingat beliau adalah pemateri handal, rasanya sangat beruntung dapat mengikuti presentasinya malam ini.

 

Cerita dari narasumber, saat menjadi pembicara banyak orang-orang yang bertitle mengikuti seminar itu. Misalnya seorang profesorpun ada yang ikut. Tapi yang menyedihkan saat di cari di google, profil professor itu tidak ada disana. Justru berita sendal jepit yang ringan malah ada di google.

Saat ini guru di Indonesia ada 3, 31 juta banyaknya. Tetapi hanya sedikit yang menjadi guru hebat. Mengapa demikian? Karena guru di Indonesia kurang produktif. Pak dedi sendiri sudah memiliki sekitar tujuh ribu postingan disetiap flatform yang beliau miliki, dan ini membuktikan beliau seorang yang produktif.

Pola pikir guru di Indonesia yang minimalis seperti pemikiran “ngapain repot-repot ikut kegiatan zoom, yang penting masuk tepat waktu toh gaji juga tidak berubah” ini menunjukkan bahwa seorang guru seperti itu tidak memiliki kebanggaan selain seragamnya. Bukankah ada pepatah yang mengatakan “gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, dan manusia mati meninggalkan nama”? ini menunjukkan bahwa nama kita sebagai manusia harus diukir dalam sebuah tulisan agar tetap diingat oleh orang banyak, dan ini menunjukkan produktivitas kita sebagai manusia.

Ketika kita produktif kita akan menjadi percaya diri. Saat kita punya sebuah kenangan misalnya interaksi dengan siswa atau sekolah bagus yang  baru dibangun, sebaiknya kita ceritakan di semua flatform yang kita punya seperti Instagram, facebook, blog dan yang lainnya agar orang lain bisa ikut menikmati cerita dan kenangan yang kita punya. Kita juga mempunyai bukti nyata tentang peristiwa yang kita alami dimasa lampau.

Saat ini, keinginan orang untuk membaca buku sudah mulai bergeser atau bahkan sangat berkurang. Orang lebih tertarik membaca di internet, menulis di blog, dan flatform digital lainnya. Jika kita memberikan tugas kelompok kepada siswa, sebaiknya proses diskusi dalam mengerjakan tugas tersebut di videokan dan berikan kesempatan kepada siswa kita untuk mengunggah ke youtube dan cerita mereka mengerjakan tugas dapat kita abadikan dalam blog kita.

Cara konsisten menulis di blog menurut pak Dedi :

1.       Tentukan tujuan yang ingin di fokuskan di blog
2.       Buatlah outline
3.       Selesaikan tulisan
4.       Publish
5.       Ikut komunitas
6.       Baca tulisan orang lain
7.       Ceritakan semua tentang yang anda alami dan rasakan
8.       Punya karya
9.       Bahagia untuk diri sendiri dan untuk orang lain

Berselancar di dunia maya menikmati postingan yang pak Dedi suguhkan membuat saya betah dan ingin lebih kepo tentang sosok beliau.


Demikian resume yang dapat saya ulas tentang pertemuan malam ini. semoga apa yang saya ulas memberikan manfaat dan cita-cita untuk lulus serta menerbitkan buku solo dapat terwujud. Aamiin.



# SALAM LITERASI

# MENULIS TANPA BATAS

7 komentar:

MENULIS LAGI YUUK!! EDISI GABUT😃

  Tiba - tiba teringat beliau🫠🫠 how are you sir?? I hope you fine and succesfull in your carrier🥰🥰